1.
|
Beberapa wilayah kota di propinsi Kep. Bangka
Belitung dilanda hujan secara tidak merata.
Kota Pangkalpinang dan Sungailiat dilanda hujan, sedangkan kota Koba
dan Toboali cerah. Fenomena ini erat kaitannya
dengan prinsip ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
deskriptif
|
||||||||||||||||
B.
|
distribusi
|
|
||||||||||||||||
C.
|
interaksi
|
|||||||||||||||||
D.
|
korologi
|
|||||||||||||||||
E.
|
interelasi
|
|||||||||||||||||
2.
|
Akibat bencana lumpur Lapindo di Sidoarjo, maka tanah di sekitarnya menjadi sangat murah dan kurang bermanfaat. Peristiwa tersebut adalah contoh dari
konsep ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
|||||||||||||||||
B.
|
nilai
kegunaan
|
|||||||||||||||||
C.
|
differensiasi
areal
|
|||||||||||||||||
D.
|
jarak
|
|||||||||||||||||
E.
|
keterkaitan
keruangan
|
|||||||||||||||||
3.
|
Perhatikan aspek sosial dan aspek fisik dalam geografi berikut :
1. air di daratan dan lautan
2. cuaca dan iklim
3. pertanian
4. tanah
5. batas negara
6. pemerintahan
Dari aspek di atas yang termasuk aspek sosial
ditunjukkan pada nomor….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1, 2, 3
|
||||||||||||||||
B.
|
1, 2, 4
|
|||||||||||||||||
C.
|
2, 3, 5
|
|||||||||||||||||
D.
|
2, 5, 6
|
|||||||||||||||||
E.
|
3, 5, 6
|
|||||||||||||||||
4.
|
Pemanasan global bukan hanya isu, melainkan telah menjadi
kenyataan. Pemerintah telah membuat program penanaman
sejuta pohon (one man one tree). Untuk itu masyarakat di himbau untuk
melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon.
Cara mengatasi masalah
tersebut merupakan pendekatan ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
differensiasi
areal
|
||||||||||||||||
B.
|
kelingkungan
|
|||||||||||||||||
C.
|
kompleks
wilayah
|
|||||||||||||||||
D.
|
temporal
|
|||||||||||||||||
E.
|
keruangan
|
|||||||||||||||||
5.
|
Menurut penelitian para ahli, gempa bumi di Aceh tahun 2004 disertai
gelombang tsunami telah terjadi pada tahun 700 M dan 1200 M. Penyebab terjadinya siklus gempa seperti di
Aceh karena ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
arus
konduksi dalam perut bumi
|
||||||||||||||||
B.
|
arus
konveksi pada dasar samudera
|
|||||||||||||||||
C.
|
arus
konveksi pada lapisan mantel
|
|||||||||||||||||
D.
|
gerakan
komplek benua dan samudera
|
|||||||||||||||||
E.
|
gerakan
lempeng benua menuju lempeng astenosfer
|
|||||||||||||||||
6.
|
Perhatikan karakteristik galaksi berikut:
1. tampak seperti galaksi lingkaran
2. terdapat dari 100 miliar bintang, debu dan gas
3. garis tengah mencapai 100.000 tahun cahaya
4. tidak mempunyai bentuk yang tetap
5. satu putaran alam massa 225 juta tahun
Karakteristik galaksi Bimasakti ditunjukan oleh
nomor …
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1,
2, 3
|
||||||||||||||||
B.
|
1,
3, 4
|
|||||||||||||||||
C.
|
1,
4, 5
|
|||||||||||||||||
D.
|
2,
3, 5
|
|||||||||||||||||
E.
|
2,
4, 5
|
|||||||||||||||||
7.
|
Teori kabut menyatakan bahwa tata
surya terbentuk melalui proses ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
terbentuknya
efek pasang gas-gas matahari
|
||||||||||||||||
B.
|
berasal dari
ledakan bintang kembar matahari
|
|||||||||||||||||
C.
|
berasal
dari ledakan kabut yang berbentuk
spiral atau pilin
|
|||||||||||||||||
D.
|
membentuk
gumpalan kabut nebula yang terdiri atas bermacam-macam gas yang berpilin
lambat sehingga membentuk cakram gas tunggal
|
|||||||||||||||||
E.
|
terbentuk
gumpalan awan gas dan debu yang jumlahnya sangat banyak dan kemudian mengalami
pemampatan dan menarik partikel-partikel debu membentuk gumpalan bola
|
|||||||||||||||||
8.
|
Perhatikan nama-nama planet berikut :
1. Venus
2. Mars
3. Jupiter
4. Saturnus
5. Uranus
Dari
nama-nama planet di atas yang termasuk dalam Planet
Jovian, ditunjukkan nomor ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1,
2, 3
|
||||||||||||||||
B.
|
1,
2, 4
|
|||||||||||||||||
C.
|
1,
3, 5
|
|||||||||||||||||
D.
|
2,
3, 5
|
|||||||||||||||||
E.
|
3,
4, 5
|
|||||||||||||||||
9.
|
Contoh batuan yang termasuk batuan
metamorf adalah....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
granit, marmet, dan diorit
|
||||||||||||||||
B.
|
andesit, basalt, dan diorit
|
|||||||||||||||||
C.
|
konglomerat, basalt dan diorit
|
|||||||||||||||||
D.
|
marmer, batu sabak dan kwarsit
|
|||||||||||||||||
E.
|
konglomerat, marmer dan breksi
|
|||||||||||||||||
10.
|
Perhatikan
gambar berikut !
Dari gambar
diatas, merupakan bentuk patahan ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
strike slip fault
|
||||||||||||||||
B.
|
reverse fault
|
|||||||||||||||||
C.
|
normal fault
|
|||||||||||||||||
D.
|
fault scrap
|
|||||||||||||||||
E.
|
graben
|
|||||||||||||||||
11.
|
Perhatikan karakteristik gunung api berikut :
1)
letusan
lemah/efusif.
2)
lava
yang keluar sangat encer sekali.
3)
tekanan
gas lemah.
Berdasarkan
karakteristik letusan di atas, akan menghasilkan bentuk gunung api...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
strato
|
||||||||||||||||
B.
|
maar
|
|||||||||||||||||
C.
|
perisai
|
|||||||||||||||||
D.
|
kaldera
|
|||||||||||||||||
E.
|
linear
|
|||||||||||||||||
12.
|
Perhatikan
pernyataan berikut ! .
1)
berlindung
di bangunan yang tinggi.
2)
mematikan aliran listrik
3)
menjauh dari rumah.
4)
berdoa
dengan penuh keyakinan.
5)
menjauh dari bangunan tinggi
6)
menghindari
dekat dengan tiang listrik.
7)
melaporkan
ke aparat desa dan kecamatan
8)
berlindung
di tempat ibadah
Tindakan
pertama yang harus dilakukan apabila terjadi gempa diantaranya...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1 , 2, 3, 4
|
||||||||||||||||
B.
|
2, 3, 5, 6
|
|||||||||||||||||
C.
|
1, 3, 5, 7
|
|||||||||||||||||
D.
|
2, 4, 6, 8
|
|||||||||||||||||
E.
|
1, 3, 6, 7
|
|||||||||||||||||
13.
|
Perhatikan
pernyataan berikut ! .
1)
erosi
2)
gempa
bumi
3)
gunung
meletus
4)
masswasting
5)
pelapukan
6)
sedimentasi
7)
degradasi
Yang
termasuk ke dalam tenaga eksogen yang sifatnya merusak adalah ...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1, 2, 3, dan 4
|
||||||||||||||||
B.
|
1, 5, 6, dan 7
|
|||||||||||||||||
C.
|
2, 4, 6, dan 7
|
|||||||||||||||||
D.
|
2, 3, 5 dan 6
|
|||||||||||||||||
E.
|
3, 4, 5 dan 6
|
|||||||||||||||||
14.
|
Perhatikan gambar
berikut !
Tenaga eksogen yang membentuk permukaan bumi seperti pada
gambar adalah hasil dari proses....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
pelapukan fisis
|
||||||||||||||||
B.
|
pelapukan kimiawi
|
|||||||||||||||||
C.
|
pelapukan organis
|
|||||||||||||||||
D.
|
abrasi
|
|||||||||||||||||
E.
|
erosi
|
|||||||||||||||||
15.
|
Gambar berikut
ini adalah hasil pengendapan yang ada di tepi laut karena abrasi.
Endapan yang ditandai huruf X menghubungkan
antara pulau kecil dan pulau utama disebut…
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
pesisir
|
||||||||||||||||
B.
|
spit
|
|||||||||||||||||
C.
|
nehrung
|
|||||||||||||||||
D.
|
tombolo
|
|||||||||||||||||
E.
|
pantai laguna
|
|||||||||||||||||
16.
|
Perhatikan ciri-ciri tanah sebagai berikut. :
1)
terdapat
rawa-rawa.
2)
kurang
subur
3)
terjadi
karena pembusukan tidak sempurna
Dari ciri-ciri
tanah di atas, jenis
tanah organosol terdapat di daerah ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
Jawa
bagian utara, Sumatera bagian barat, dan Sulawesi bagian utara
|
||||||||||||||||
B.
|
Kalimantan
bagian utara, Sumatera bagian timur, dan Papua bagian utara
|
|||||||||||||||||
C.
|
Papua
bagian selatan, Jawa bagian selatan, dan Kalimantan bagian timur
|
|||||||||||||||||
D.
|
Sulawesi
bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Papua bagian selatan
|
|||||||||||||||||
E.
|
Sumatera
bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Papua bagian selatan
|
|||||||||||||||||
17.
|
Perhatikan pernyataan upaya pemulihan lahan berikut ini :
1)
terasering
2)
pemupukan
3)
penghijauan
4)
reboisasi
5)
pembuatan
cek dam
6)
diversifikasi
tanaman
Dari pernyataan di atas, yang termasuk
cara mekanik untuk mengurangi erosi adalah...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
5 dan 6
|
||||||||||||||||
B.
|
3 dan 6
|
|||||||||||||||||
C.
|
3 dan 4
|
|||||||||||||||||
D.
|
1 dan 5
|
|||||||||||||||||
E.
|
1 dan 2
|
|||||||||||||||||
18.
|
Lapisan atmosfer tempat terjadinya
peristiwa cuaca dan iklim seperti pelangi, halilintar, dan
pembentukan awan terdapat di lapisan ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
stratosfer
|
||||||||||||||||
B.
|
ionosfer
|
|||||||||||||||||
C.
|
troposfer
|
|||||||||||||||||
D.
|
termosfer
|
|||||||||||||||||
E.
|
eksosfer
|
|||||||||||||||||
19.
|
Perhatikan
gambar berikut !
Amplitudo suhu terendah terjadi
di kota ...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
A
|
||||||||||||||||
B.
|
B
|
|||||||||||||||||
C.
|
C
|
|||||||||||||||||
D.
|
D
|
|||||||||||||||||
E.
|
E
|
|||||||||||||||||
20.
|
Awan-awan yang tergolong dalam
kelompok awan tinggi adalah ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
Cirrocumulus dan cumulus
|
||||||||||||||||
B.
|
Cumulus dan nimbostratus
|
|||||||||||||||||
C.
|
Nimbostratus dan stratus
|
|||||||||||||||||
D.
|
Stratus dan cirrrostratus
|
|||||||||||||||||
E.
|
Cirrostratus dan cirrocumulus
|
|||||||||||||||||
21.
|
Perhatikan
karakteristik iklim di bawah ini !
1.
curah
hujan tinggi sepanjang tahun
2.
suhu
udara tinggi sepanjang tahun
3.
terdapat
hutan hujan tropis yang luas
Wilayah yang memiliki ciri-ciri di atas, menurut Koppen
memiliki iklim tipe .....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
Af
|
||||||||||||||||
B.
|
Aw
|
|||||||||||||||||
C.
|
Am
|
|||||||||||||||||
D.
|
Cw
|
|||||||||||||||||
E.
|
Cf
|
|||||||||||||||||
22.
|
Di bawah ini merupakan dampak perubahan iklim global, kecuali ...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
permukaan air laut naik
|
||||||||||||||||
B.
|
banjir di daerah pantai
|
|||||||||||||||||
C.
|
terjadi gelombang tsunami
|
|||||||||||||||||
D.
|
kenaikan suhu permukaan
|
|||||||||||||||||
E.
|
kutub utara dan selatan mencair
|
|||||||||||||||||
23.
|
Proses
evaporasi pada gambar siklus air berikut adalah nomor ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1
|
||||||||||||||||
B.
|
2
|
|||||||||||||||||
C.
|
3
|
|||||||||||||||||
D.
|
4
|
|||||||||||||||||
E.
|
5
|
|||||||||||||||||
24.
|
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.
beriklim
Aw
2.
kelembaban
tinggi
3.
curah
hujan relatif rendah
4.
beriklim
Af
5.
daerahnya
kering
Syarat
terbentuknya bioma stepa ditunjukkan nomor ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1, 2, 3
|
||||||||||||||||
B.
|
1, 3, 4
|
|||||||||||||||||
C.
|
1, 3, 5
|
|||||||||||||||||
D.
|
2, 3, 4
|
|||||||||||||||||
E.
|
2, 3, 5
|
|||||||||||||||||
25.
|
Hewan yang tidak termasuk ke dalam kelompok hewan Indonesia bagian tengah
(peralihan) adalah ...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
komodo
|
||||||||||||||||
B.
|
anoa
|
|||||||||||||||||
C.
|
babirusa
|
|||||||||||||||||
D.
|
burung maleo
|
|||||||||||||||||
E.
|
burung kasuari
|
|||||||||||||||||
26.
|
Jumlah
penduduk suatu wilayah pada tahun 2010 adalah 15 juta jiwa. Apabila tingkat pertumbuhannya
sebesar 1,5% per tahun, pada tahun 2012 jumlah penduduk wilayah tersebut
menjadi ... jiwa.
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
15.450.375
|
||||||||||||||||
B.
|
15.353.375
|
|||||||||||||||||
C.
|
15.453.375
|
|||||||||||||||||
D.
|
14.453.375
|
|||||||||||||||||
E.
|
14.535.375
|
|||||||||||||||||
27.
|
Perhatikan ciri-ciri di bawah ini :
1)
pertumbuhan
penduduknya lebih kecil
2)
jumlah
penduduk laki-laki lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk wanitanya
3)
piramida
penduduknya adalah piramida penduduk muda
4)
merupakan
negara berkembang
5)
jumlah
penduduk non produktif lebih besar dibandingkan dengan penduduk produktif
Pernyataan di atas yang merupakan ciri
dari negara dengan angka ketergantungan yang besar adalah ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1, 2 dan 3
|
||||||||||||||||
B.
|
1, 3 dan 5
|
|||||||||||||||||
C.
|
2, 3 dan 4
|
|||||||||||||||||
D.
|
2, 3 dan 5
|
|||||||||||||||||
E.
|
3, 4 dan 5
|
|||||||||||||||||
28.
|
Perhatikan
Tabel Penduduk Kecamatan Blimbing Kota Malang berikut:
Berapakah
angka beban ketergantungan penduduk kecamatan Blimbing ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
100
|
||||||||||||||||
B.
|
129
|
|||||||||||||||||
C.
|
138
|
|||||||||||||||||
D.
|
145
|
|||||||||||||||||
E.
|
154
|
|||||||||||||||||
29.
|
Jenis sumber daya alam yang berupa barang tambang
yang terbentuk dari bahan organik adalah ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
besi dan minyak bumi
|
||||||||||||||||
B.
|
minyak bumi dan batubara
|
|||||||||||||||||
C.
|
batubara dan timah
|
|||||||||||||||||
D.
|
timah dan tembaga
|
|||||||||||||||||
E.
|
tembaga dan besi
|
|||||||||||||||||
30.
|
Perhatikan sumber daya alam berikut !
1. pertanian
2. pertambangan
3. perkebunan
4. hutan
5. perikanan
Sumber daya alam yang sangat besar potensinya di
Kalimantan Timur terdapat pada nomor ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1 dan 2
|
||||||||||||||||
B.
|
1 dan 3
|
|||||||||||||||||
C.
|
2 dan 4
|
|||||||||||||||||
D.
|
3 dan 5
|
|||||||||||||||||
E.
|
4 dan 5
|
|||||||||||||||||
31.
|
Dampak
kerusakan flora dan fauna bagi kehidupan antara lain ...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
keadaan ekosistem seimbang
|
||||||||||||||||
B.
|
melimpahnya sumber daya
|
|||||||||||||||||
C.
|
meningkatnya kualitas lingkungan
|
|||||||||||||||||
D.
|
kesuburan tanah meningkat
|
|||||||||||||||||
E.
|
punahnya beberapa spesies flora dan fauna
|
|||||||||||||||||
32.
|
Untuk menjaga
kualitas tanaman hutan, maka perlu dilakukan ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
pembatasan pengambilan atau penebangan hutan
|
||||||||||||||||
B.
|
melarang masyarakat untuk masuk ke hutan
|
|||||||||||||||||
C.
|
memagari hutan dengan kawat besi
|
|||||||||||||||||
D.
|
menebangi hutan dengan teratur atau selektif
|
|||||||||||||||||
E.
|
memberikan denda bagi yang masuk tanpa izin
|
|||||||||||||||||
33.
|
Perhatikan jenis peta berikut ini !
1. peta kadaster
2. peta geologi
3. peta Indonesia
4. peta penggunaan lahan
5. peta irigasi
Yang termasuk peta tematik adalah …
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1,2,3
|
||||||||||||||||
B.
|
1,3,4
|
|||||||||||||||||
C.
|
2,3,4
|
|||||||||||||||||
D.
|
2,4,5
|
|||||||||||||||||
E.
|
3,4,5
|
|||||||||||||||||
34.
|
Perhatikan
gambar berikut
Berdasarkan
gambar di atas, peta tersebut mempunyai skala ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1 : 2.220.000
|
||||||||||||||||
B.
|
1 : 1.110.000
|
|||||||||||||||||
C.
|
1 : 555.000
|
|||||||||||||||||
D.
|
1 : 222.000
|
|||||||||||||||||
E.
|
1 : 111.000
|
|||||||||||||||||
35.
|
Perhatikan gambar proyeksi di bawah ini!
Gambar di atas merupakan jenis proyeksi ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
azimuthal normal
|
||||||||||||||||
B.
|
kerucut normal
|
|||||||||||||||||
C.
|
silinder normal
|
|||||||||||||||||
D.
|
silinder transversal
|
|||||||||||||||||
E.
|
kerucut transversal
|
|||||||||||||||||
36.
|
Fungsi legenda dalam
peta ialah ...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
memberi keterangan pada peta
|
||||||||||||||||
B.
|
melengkapi peta
|
|||||||||||||||||
C.
|
memperjelas kerangka peta
|
|||||||||||||||||
D.
|
memberikan uraian detail
|
|||||||||||||||||
E.
|
memberikan keterangan tentang simbol di dalam peta
|
|||||||||||||||||
37.
|
Perhatikan
gambar berikut !
Berdasarkan
gambar di atas, untuk mendirikan industri
gerabah yang paling tepat berada di lokasi ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1
|
||||||||||||||||
B.
|
2
|
|||||||||||||||||
C.
|
3
|
|||||||||||||||||
D.
|
4
|
|||||||||||||||||
E.
|
5
|
|||||||||||||||||
38.
|
Suatu desa di wilayah pegunungan dihuni oleh penduduk
yang berasal dari suatu keturunan yang sama, sehingga umumnya semua warga
masyarakat di daerah itu adalah keluarga dan kerabat. Bentuk
desa itu berpotensi besar untuk berkembang secara luas. Pola pemukiman
penduduk di daerah itu adalah ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
terpusat
|
||||||||||||||||
B.
|
linear
|
|||||||||||||||||
C.
|
memanjang sepanjang pantai
|
|||||||||||||||||
D.
|
mengelilingi fasilitas
|
|||||||||||||||||
E.
|
memanjang sepanjang jalan raya
|
|||||||||||||||||
39.
|
Perhatikan gambar berikut ini :
Berdasarkan gambar komponen penginderaan
jauh di atas, sensor ditunjukkan pada huruf ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
D dan G
|
||||||||||||||||
B.
|
C dan B
|
|||||||||||||||||
C.
|
E dan F
|
|||||||||||||||||
D.
|
C dan G
|
|||||||||||||||||
E.
|
B dan F
|
|||||||||||||||||
40.
|
Pada interpretasi
citra penginderaan jauh, tahapan proses untuk merinci objek-objek dan
melakukan klasifikasi berdasarkan pengetahuan tertentu disebut ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
pengenalan
|
||||||||||||||||
B.
|
deteksi
|
|||||||||||||||||
C.
|
identifikasi
|
|||||||||||||||||
D.
|
analisis
|
|||||||||||||||||
E.
|
deduksi
|
|||||||||||||||||
41.
|
Perhatikan manfaat
citra penginderaan jauh berikut :
(1) memperkirakan awal musim hujan (2) mengukur diameter pohon (3) memetakan kemampuan dan kesesuaian lahan (4) memantau kebakaran hutan Dari pernyataan di atas, pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang pertanian adalah nomor .... |
|||||||||||||||||
|
A.
|
1 dan 2
|
||||||||||||||||
B.
|
1 dan 3
|
|||||||||||||||||
C.
|
2 dan 3
|
|||||||||||||||||
D.
|
2 dan 4
|
|||||||||||||||||
E.
|
3 dan 4
|
|||||||||||||||||
42.
|
Untuk
mengolah dan menyimpan data SIG diperlukan seperangkat komputer dengan
perangkat hardware dan software. Berikut ini adalah perangkat SIG :
1.
autocad
2.
plotter
3.
scanner
4.
arc view
5.
arc info
6.
digitizer
Yang
merupakan perangkat lunak SIG adalah nomor
…
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1,4 dan 5
|
||||||||||||||||
B.
|
1,5 dan 6
|
|||||||||||||||||
C.
|
2,3 dan 4
|
|||||||||||||||||
D.
|
2,3 dan 6
|
|||||||||||||||||
E.
|
3,5 dan 6
|
|||||||||||||||||
43.
|
Membuat
basis data baru, menghapus basis data yang lama, membuat tabel basis data,
dan mengedit data merupakan beberapa aktifitas dalam tahapan kerja Sistem
Informasi Geografis yaitu ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
masukan data
|
||||||||||||||||
B.
|
manipulasi dan analisis data
|
|||||||||||||||||
C.
|
penyajian data
|
|||||||||||||||||
D.
|
pengolahan data
|
|||||||||||||||||
E.
|
manajemen data
|
|||||||||||||||||
44.
|
Perhatikan
manfaat Sistem Informasi Geografi berikut :
(1) perencanaan tata guna lahan (2) inventarisasi dan manajemen hutan (3) analisis daerah rawan bencana banjir (4) manajemen pesisir pantai (5) pemantauan pencemaran sungai Yang termasuk manfaat Sistem Informasi Geografi dalam bidang hidrologi ditunjukkan pada nomor .... |
|||||||||||||||||
|
A.
|
1, 2 dan 3
|
||||||||||||||||
B.
|
1, 2 dan 4
|
|||||||||||||||||
C.
|
1, 4 dan 5
|
|||||||||||||||||
D.
|
2, 3 dan 5
|
|||||||||||||||||
E.
|
3, 4 dan 5
|
|||||||||||||||||
45.
|
Desa yang sudah mampu mengembangkan
potensi-potensi sumber daya secara optimal, lembaga pemerintahan yang sudah
lengkap, dan daya interaksinya dengan wilayah luar sudah tinggi dinamakan ...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
desa transmisi
|
||||||||||||||||
B.
|
desa tradisional
|
|||||||||||||||||
C.
|
desa swadaya
|
|||||||||||||||||
D.
|
desa swakarsa
|
|||||||||||||||||
E.
|
desa swasembada
|
|||||||||||||||||
46.
|
Penduduk kota A = 400 orang, penduduk kota B = 90 orang dan penduduk
kota C = 110 orang. Jarak kota A – B =
60 km dan jarak kota A – C = 40 km. Dari data tersebut diperoleh nilai interaksi
antar wilayah A – C sebesar ...
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
20,00
|
||||||||||||||||
B.
|
23,50
|
|||||||||||||||||
C.
|
27,50
|
|||||||||||||||||
D.
|
50,00
|
|||||||||||||||||
E.
|
80,00
|
|||||||||||||||||
47.
|
Perhatikan pola keruangan sektoral di samping ini !
Daerah yang dihuni
masyarakat kelas bawah adalah yang bernomor ….
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1
|
||||||||||||||||
B.
|
2
|
|||||||||||||||||
C.
|
3
|
|||||||||||||||||
D.
|
4
|
|||||||||||||||||
E.
|
5
|
|||||||||||||||||
48.
|
Perhatikan
stadium perkembangan kota berikut ini!
1 .eopolis
2.
metropolis
3. megapolis
4.tyranopolis
5. polis
6. nekropolis
Perkembangan
kota secara berurutan sebagai berikut ....
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1, 2, 3, 4, 5, 6
|
||||||||||||||||
B.
|
1, 2, 5, 3, 4, 6
|
|||||||||||||||||
C.
|
1, 5, 2, 3, 4, 6
|
|||||||||||||||||
D.
|
3, 4, 6, 2, 1, 5
|
|||||||||||||||||
E.
|
6, 5, 4, 3, 2, 1
|
|||||||||||||||||
49.
|
Perhatikan ciri-ciri negara berikut :
1. pemanfaatan teknologi dalam produksi masih rendah 2. tingkat kriminalitas dapat ditekan seminimal mungkin 3. fasilitas kesehatan terbatas
4. pertanian berkembang secara modern
5. tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri negara berkembang adalah …. |
|||||||||||||||||
|
A.
|
1,2 dan 3
|
||||||||||||||||
B.
|
1,4 dan 5
|
|||||||||||||||||
C.
|
1,4 dan 5
|
|||||||||||||||||
D.
|
2,3 dan 5
|
|||||||||||||||||
E.
|
2,4 dan 5
|
|||||||||||||||||
50.
|
Perhatikan pernyataan berikut !
1. usaha pertanian yang dibudidayakan adalah
tanaman penghasil makanan pokok
2. menggunakan sistem mekanisasi
3. sangat mengandalkan sawah tadah hujan
4. berorientasi untuk ekspor
5. melaksanakan ekstensifikasi pertanian
6. pertanian tidak hanya terdapat di negara
berkembang, tetapi juga di negara maju.
Ciri pertanian di negara
maju adalah … .
|
|||||||||||||||||
|
A.
|
1 dan 2
|
||||||||||||||||
B.
|
1 dan 5
|
|||||||||||||||||
C.
|
2 dan 4
|
|||||||||||||||||
D.
|
3 dan 4
|
|||||||||||||||||
E.
|
4 dan 5
|
|||||||||||||||||
Selasa, 30 April 2013
SOAL TRY OUT 1 GEOGRAFI 2012/2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar